Cara Merakit PC Gaming Untuk Pemula Update 2023

Minggu, 24 Desember 2023 - 12:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

cara merakit pc gaming bagi pemula. (Foto: Freepik)

cara merakit pc gaming bagi pemula. (Foto: Freepik)

Tajukflores.com – Pemula perlu mengetahui beberapa tutorial tentang cara merakit PC gaming. Dalam artikel ini, Tajukflores.com membagikan petunjuk tersebut.

PC gaming biasanya memiliki resolusi tinggi, kecepatan RAM, dan visual yang lebih baik dibandingkan dengan PC biasa, karena game PC membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Jika anda seorang gamer, disarankan agar anda merakit PC gaming sendiri untuk memilih komponen PC terbaik yang dapat dibeli secara terpisah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tajukflores.com telah menyusun panduan cara merakit PC gaming murah yang dapat diikuti oleh siapa saja, termasuk para pemula.

Cara Merakit PC Gaming untuk Pemula

Berikut adalah tutorial cara merakit PC gaming yang benar, dikutip dari laman Gamespot

1. Menyiapkan Motherboard

Proses pemasangan Motherboard bervariasi, dan instruksi terperinci dapat ditemukan dalam buku petunjuk yang disertakan saat membeli Motherboard. Namun, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan selama persiapan Motherboard, antara lain:

  • Pastikan merakit PC Gaming pada permukaan datar, hindari karpet atau benda yang dapat menghantarkan listrik untuk mencegah potensi kerusakan pada komponen PC.
  • Keluarkan Motherboard dari kemasannya dan letakkan di permukaan yang rata. Meskipun dapat ditempatkan langsung di meja, kami merekomendasikan meletakkannya di atas kotaknya sendiri untuk menghindari goresan pada meja.
Baca Juga:  Cara Mengembalikan Uang Salah Transfer, Jangan Panik!

2. Menginstal CPU

Langkah berikutnya dalam merakit PC Gaming untuk pemula adalah menginstal CPU, disarankan untuk menggunakan CPU AMD Ryzen karena kompatibel dengan keperluan gaming.

  • Lepaskan soket CPU dari pelindung plastik dengan hati-hati, hindari terjadinya goresan.
  • Pastikan soket CPU telah terbuka untuk memungkinkan pemasangan CPU ke Motherboard. Perhatikan bahwa CPU harus memiliki beberapa lekukan setengah lingkaran kecil pada papan soketnya.
  • Setelah memahami cara menempatkan CPU ke dalam soket, lakukan dengan lembut. Hindari memberikan tekanan langsung pada CPU.

3. Menginstal SSD pada Slot M.2 Motherboard

  • Buka buku manual Motherboard dan temukan Slot M.2 untuk pemasangan SSD.
  • Masukkan SSD ke dalam slot yang sesuai, namun hindari menekan terlalu keras.
  • Setelah SSD berada di dalam slot, pastikan ujung yang berlawanan mengarah ke atas pada sudut diagonal.
  • Ambil sekrup yang biasanya disertakan dengan Motherboard dan kencangkan setiap SSD dengan sekrup tersebut.
  • Pemasangan RAM Selanjutnya, langkah berikutnya adalah memasang RAM. Penting untuk dicatat bahwa jika terdapat empat slot dan hanya dua modul RAM yang akan digunakan, pastikan untuk menempatkan kedua modul tersebut pada slot pertama dan ketiga, atau kedua dan keempat.
Baca Juga:  Cara Melacak Lokasi Orang Lain Melalui WhatsApp

4. Menginstal RAM

Penempatan modul RAM secara terpisah seperti ini akan membantu mendapatkan kinerja maksimal dari CPU. Mulailah dengan melepaskan plastik di kedua sisi setiap slot yang akan digunakan. Saat memasukkan RAM, diperlukan sedikit tekanan, namun pastikan untuk melakukannya dengan lembut. Ketika terdengar suara “klik,” itu berarti RAM telah terpasang dengan baik.

5. Pemasangan Motherboard ke dalam Casing CPU

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Robintinus Gun

Editor : Edeline Wulan

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Pengaruh Pasar Keuangan Terhadap Ekonomi: Bagaimana Pasar Keuangan Berkontribusi Terhadap Alokasi Sumber Daya Ekonomi yang Efisien
HOW Would You Explain The Difference Between Slang and Colloquialism? Please Provide 2 (Two) Examples Of Each
Diketahui Tiga Buah Himpunan Sebagai Berikut: Himpunan A = {0, 1, 3, 5, 6, 8}, Himpunan B = {1, 2, 4, 5, 6, 7, 9}
Carilah Sebuah Kasus Komunikasi yang Aktual, KemudianTelaah Bagaimana Tahapan Pengambilan Keputusan Suatu Inovasi Tersebut Menurut Anda
Simak, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Harga Permintaan, dan Apa yang Menyebabkan Permintaan Suatu Barang atau Jasa Dikatan Menjadi Elastis
JAWABAN! Uraikan yang Kalian Ketahui Tentang Kemampuan Menghitung Informasi Numerik dalam Excel 2016
Bagaimana Pendapatmu Tentang Fenomena Childfree yang Marak Disuarakan Akhir-Akhir Ini? Ini Jawabannya
Link Download PDF Contoh Proposal Kegiatan Hari Kartini Terbaru 2024
Berita ini 107 kali dibaca