Israel Terus Menangkap Warga Palestina selama Masa Jeda Pembebasan Tahanan

Rabu, 29 November 2023 - 11:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pasukan keamanan Israel menangkap seorang warga Palestina di luar Al-Quds pada Jumat, 13 Oktober 2023. (Foto oleh AP via Reuters)

Pasukan keamanan Israel menangkap seorang warga Palestina di luar Al-Quds pada Jumat, 13 Oktober 2023. (Foto oleh AP via Reuters)

Jakarta – Israel terus menangkap puluhan warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur saat mereka melakukan pembebasan tahanan dengan militan Hamas yang berbasis di Gaza.

Dalam empat hari pertama gencatan senjata yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, Israel membebaskan 150 tahanan Palestina yang terdiri dari 117 anak-anak dan 33 wanita.

Adapun Hamas membebaskan 69 tawanan yang terdiri dari 51 warga Israel dan 18 orang dari negara lain.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selama empat hari yang sama, Israel menangkap setidaknya 133 warga Palestina dari Yerusalem Timur dan Tepi Barat, menurut asosiasi tahanan Palestina.

“Selama masih ada pendudukan, penangkapan tidak akan berhenti. Masyarakat harus memahami hal ini karena ini adalah kebijakan sentral pendudukan terhadap warga Palestina dan untuk membatasi segala bentuk perlawanan,” Amany Sarahneh, juru bicara Masyarakat Tahanan Palestina, kepada Al Jazeera.

“Ini adalah praktik sehari-hari, tidak hanya terjadi setelah tanggal 7 Oktober. Kami sebenarnya memperkirakan lebih banyak orang akan ditangkap selama empat hari ini,” tambahnya.

Baca Juga:  Lakukan Mutasi, Bupati Mabar Kembali Lantik Pejabat Eselon II Besok

Sementara itu, sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, melaporkan terjadinya bentrokan di Gaza utara antara pejuangnya dan tentara Israel karena pelanggaran jeda kemanusiaan oleh Tel Aviv.

“Kami berkomitmen untuk jeda (kemanusiaan) selama musuh juga mematuhinya,” kata Brigade Al-Qassam dalam sebuah pernyataan, Selasa, 28 November 2023.

Al-Qassam juga meminta para mediator untuk menekan pasukan Israel agar mematuhi semua ketentuan yang telah disepakati selama jeda, baik di wilayah darat maupun udara.

Senin malam, 27 November 2023, Qatar selaku mediator mengumumkan perpanjangan jeda kemanusiaan dari semula empat hari menjadi ditambah dua hari, sesuai kesepakatan Israel dan Hamas.

Gencatan senjata ini dilakukan setelah 51 hari pemboman Israel tanpa henti di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 ketika Hamas melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang.

Israel telah membunuh lebih dari 15.000 warga Palestina di Jalur Gaza sejak saat itu, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

Baca Juga:  Mars PKB Ditulis Orang Katolik, Prabowo ke Cak Imin: Gus, Ini Nilai-nilai Partai Gerindra!

Pada hari Senin, 27 November 2023, gencatan senjata yang semula berlangsung selama empat hari diperpanjang menjadi dua hari lagi. Dan selama itu 60 warga Palestina dan 20 tawanan diperkirakan akan dibebaskan.

Di bawah pendudukan militer Israel selama 56 tahun di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, pasukan Israel melakukan penggerebekan setiap malam ke rumah-rumah warga Palestina, menangkap 15 hingga 20 orang pada hari-hari tenang.

Dalam dua minggu pertama setelah 7 Oktober, Israel menggandakan jumlah warga Palestina yang ditahan dari 5.200 orang menjadi lebih dari 10.000 orang. Jumlah tersebut termasuk 4.000 pekerja asal Gaza yang bekerja di Israel dan ditahan sebelum kemudian dibebaskan kembali ke Gaza.

Pengacara tahanan Palestina dan kelompok pemantau telah mencatat 3.290 penangkapan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak 7 Oktober. Pada pertengahan November, Eyad Banat, 35 tahun, ditangkap saat dia melakukan streaming langsung di TikTok. Dia kemudian dibebaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Rini Kurniati

Editor : Edeline Wulan

Berita Terkait

Perolehan Suara DPD RI Dapil NTT: Pendatang Baru Jadi Jawara, El Asamau Gagal ke Senayan
AHY Ngaku Dapat Arahan Khusus Jokowi Siapkan Lahan IKN
BPOLBF Gandeng Bandara Komodo Genjot Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo dan Flores
Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, KSOP Labuan Bajo Gelar Diklat BST untuk Masyarakat
Polri Rekrut 10.000 Orang untuk Memperkuat Keamanan di Papua
Kemenko PMK Usulkan Skema Besaran Bansos Berdasarkan Wilayah
Demo di DPR Hari Ini, Polri Turunkan 3.929 Personel
Tak Perlu Tunggu Prabowo-Gibran, Pengusaha Dermawan di Kupang Beri Makan Siang Gratis ke Siswa SD
Berita ini 32 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 13:50 WIB

Daftar Username dan Password Router Indihome Terbaru 2024

Minggu, 4 Februari 2024 - 08:20 WIB

Review Logitech MX Mechanical Mini: Keyboard Minimalis dengan Performa Premium

Selasa, 30 Januari 2024 - 18:23 WIB

Mengenali SEO dan Manfaatnya dalam Meningkatkan Traffic Website

Sabtu, 27 Januari 2024 - 18:25 WIB

Instagram Luncurkan Fitur Flipside, Solusi untuk Berbagi Konten Pribadi

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:41 WIB

Pekerja Gig Butuh Alat Cek Tarif Layak untuk Melawan Gaji Rendah dan Tak Pasti

Minggu, 21 Januari 2024 - 10:30 WIB

Malware Android TV Marak, Waspada Serangan Siber

Sabtu, 20 Januari 2024 - 12:06 WIB

Perbedaan HDD dan SSD yang Perlu Anda Ketahui

Kamis, 18 Januari 2024 - 18:15 WIB

Samsung Galaxy S24 Hadir di Indonesia, Harga HP AI Mulai Rp13,9 Juta

Berita Terbaru

Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi

Tips & Trick

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi

Selasa, 5 Mar 2024 - 15:06 WIB