Mengapa 2 Saudara Kandung Punya Karakter yang Sangat Berbeda?

Senin, 4 Desember 2023 - 13:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Alasan kenapa dua saudara kandung punya karakter yang berbeda. Foto ilustrasi

Alasan kenapa dua saudara kandung punya karakter yang berbeda. Foto ilustrasi

Tajukflores.com – Fenomena dua saudara kandung dengan karakter yang sangat berbeda dalam satu keluarga seringkali mengundang pertanyaan, apakah hal tersebut mungkin terjadi dalam lingkungan keluarga kita sendiri?

Pewarisan sifat merupakan salah satu aspek penting yang mempengaruhi penampilan, perilaku, dan karakteristik individu. Prinsip-prinsip ini tidak hanya berlaku pada manusia, tetapi juga pada berbagai makhluk hidup, termasuk tumbuhan dan hewan.

Konsep dasar pewarisan sifat terkait dengan gabungan sifat dari kedua orang tua. Sebagian besar sifat yang dimiliki oleh anak merupakan hasil kombinasi dari sifat yang diwarisi dari kedua orang tua. Terdapat pepatah yang menggambarkan hal ini, “air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga,” atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan “like father like son.”

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada hewan dan tumbuhan, sifat-sifat juga merupakan hasil turunan dari induknya. Gen-gen yang ada di dalam organisme menentukan sifat-sifat yang diturunkan kepada keturunannya. Proses ini terjadi melalui pewarisan genetik, di mana informasi genetik diturunkan melalui sel-sel reproduksi (gamet) dari induk ke keturunan.

Salah satu tokoh yang sangat berjasa dalam memahami hukum pewarisan sifat adalah Gregor Johann Mendel. Mendel merupakan seorang biolog Austria yang menjalankan serangkaian eksperimen yang mengubah cara kita memahami pewarisan sifat.

Mendel menemukan prinsip-prinsip dasar genetika melalui eksperimennya dengan tanaman kacang ercis (Pisum sativum), mengidentifikasi konsep dominan dan resesif serta mengungkap hukum-hukum pewarisan sifat yang menjadi fondasi utama genetika modern.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Aries Hari Ini 8 November 2023: Jangan Tolak Bantuan!

Sebelum Mendel, terdapat berbagai teori yang mencoba menjelaskan mekanisme pewarisan sifat. Antara lain:

  1. Teori Darah: Mengemukakan bahwa sifat keturunan dibawa oleh darah. Namun, teori ini terbantahkan ketika ditemukan bahwa transfusi darah tidak mengubah sifat penerima seperti donor darah.
  2. Teori Preformasi: Menyatakan bahwa terdapat makhluk hidup kecil dalam gamet yang menjadi individu baru. Teori ini juga tidak dapat dipertahankan dengan bukti-bukti ilmiah.
  3. Teori Epigenesis: Kritik terhadap teori preformasi, menyatakan bahwa setelah pembuahan, sel telur tumbuh secara bertahap.
  4. Teori Pangenesis: Mengemukakan bahwa setelah pembuahan, tunas-tunas di dalam sel kelamin tumbuh menjadi makhluk hidup baru.
  5. Teori Haeckel: Menyatakan bahwa substansi inti dari sperma bertanggung jawab atas sifat keturunan. Namun, teori ini juga tidak terbukti dengan fakta ilmiah yang kuat.

Hasil penelitian Mendel menjadi landasan bagi teori genetika modern yang membentuk dasar ilmu genetika yang kita kenal saat ini. Penelitiannya membuka jalan bagi pemahaman tentang bagaimana sifat-sifat genetik diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Tanaman kacang ercis dipilih oleh Mendel karena memiliki karakteristik yang memudahkan pengamatan dan analisis, serta memberikan hasil yang dapat diukur dengan jelas.

Melalui eksperimennya, Mendel menemukan konsep-konsep penting dalam pewarisan sifat, seperti konsep dominan dan resesif, hukum segregasi, serta hukum penentuan bebas.

Meskipun teori Mendel memberikan dasar yang penting dalam genetika, karakter yang sangat berbeda antara dua saudara kandung bisa dijelaskan oleh beberapa konsep yang berhubungan dengan hukum-hukum pewarisan sifat yang ditemukan oleh Mendel.

  1. Dominan dan Resesif: Konsep utama dalam hukum pewarisan sifat menurut Mendel adalah adanya gen yang dominan dan resesif. Gen dominan akan lebih mungkin diekspresikan dalam fenotipe (ciri-ciri fisik yang tampak), sedangkan gen resesif akan tertutup oleh gen dominan.
  2. Penggabungan Genetik: Kedua orang tua akan mewariskan kombinasi gen mereka kepada anak-anaknya. Proses ini melibatkan perpaduan gen-gen dari kedua orang tua yang dapat menciptakan variasi genetik yang berbeda pada saudara kandung.
  3. Segregasi Genetik: Konsep segregasi genetik, yang merupakan salah satu hukum pewarisan sifat menurut Mendel, menjelaskan bagaimana gen-gen dipisahkan dan diwariskan secara terpisah dari masing-masing orang tua ke keturunan. Ini menyebabkan perbedaan dalam kombinasi genetik antara saudara kandung.
Baca Juga:  Daftar 10 Pertanyaan Teratas seputar Seks yang Paling Dicari di Google Tahun 2023

Namun demikian, walaupun kedua saudara kandung memiliki kombinasi genetik yang sama dari kedua orang tua, terdapat faktor-faktor tambahan yang juga dapat mempengaruhi perbedaan karakteristik mereka. Seperti peran lingkungan, pengalaman pribadi, pola asuh yang berbeda, dan faktor lain yang bukan berasal dari genetika.

Jadi, walaupun teori Mendel tentang pewarisan sifat memberikan wawasan tentang bagaimana gen dipindahkan dari generasi ke generasi, karakter yang sangat berbeda antara dua saudara kandung seringkali disebabkan oleh kombinasi genetik yang berbeda dalam interaksi dengan faktor-faktor lingkungan dan pengalaman unik masing-masing individu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Rini Kurniati

Editor : Alex K

Berita Terkait

Waspada! 6 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi
8 Tanda Anda Memiliki Kepribadian yang Jauh Lebih Kuat Daripada Orang Kebanyakan, Menurut Psikologi
Mengapa Orang Selingkuh Tidak Merasa Bersalah?
Stres Saat Berangkat Kerja Bisa Jadi Tanda Mental Tak Sehat
Hari Epilepsi Internasional: Fakta Menarik dan Dampak Epilepsi
11 Tanda Halus Anda dan Pasangan Kehilangan Cinta
9 Hal yang Harus Anda Katakan “Tidak” untuk Mencapai Kesuksesan
10 Tanda Anda Berada dalam Hubungan yang Tidak Sehat
Berita ini 82 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 28 Februari 2024 - 12:27 WIB

Link Nonton Film Agak Laen 2024 Full HD Pengganti LK21

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:22 WIB

Lagu ‘Lagi Syantik’ Siti Badriah Tembus 700 Juta Views di YouTube: Sejarah Baru Musik Indonesia

Kamis, 1 Februari 2024 - 21:37 WIB

Raffi Ahmad Kembali Diterpa Rumor Pencucian Uang, Nagita Slavina Tetap Pamer Keceriaan

Kamis, 1 Februari 2024 - 13:13 WIB

Raffi Ahmad Dituding Lakukan Pencucian Uang, Punya Ratusan Rekening Penadah

Rabu, 31 Januari 2024 - 21:28 WIB

Tamara Tyasmara Buka Suara Soal Penyebab Anaknya Dante Meninggal

Rabu, 31 Januari 2024 - 13:22 WIB

Kontroversi Sarah Keihl: Dari Lelang Keperawanan hingga Dituding Menduakan Mantan

Rabu, 31 Januari 2024 - 12:21 WIB

BCL Tak Mau Punya Anak Lagi, Gaji Tiko Aryawardhana Jadi Sorotan

Senin, 29 Januari 2024 - 13:48 WIB

10 Film yang Akan Tayang di Bioskop Februari 2024

Berita Terbaru