Salib Kristus Dihina, Umat Kristiani Ditantang

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

17 Agustus 2019, di Palermo, sebuah kota kecil di Pulau Sisilia-Italia. Sekitar pukul 18.30, handphone saya bergetar.

Rupanya ada pesan yang masuk di aplikasi whatsApp saya. Saya buka. Benar ada sebuah Video berdurasi 1,54 menit. Pikir saya pasti video cuplikan Dirgahayu RI ke-74. Tapi ternyata bukan. Saya menonton video itu sampai selesai. Suhu saat itu cukup panas. Dilayar handphone saya terbaca: 37°C. Tapi kepala saya tetap dingin. Dan sebagai bagian dari “anak-anak ter-salib” yang “mencintai salib” saya terdorong untuk berbagi rasa dalam sebuah tulisan sederhana ini.

Paus Emiritus Benediktus XVI, dalam satu kesempatan Audiensi Umum di Lapangan Santo Petrus, Rabu 29 Oktober 2008, berbicara tentang sebuah tema menarik yakni: “Yang Penting dari Kristologi adalah Teologi Salib” (L’importanza della cristologia: la teologia della Croce).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tema ini menjadi bagian salah satu renungan Paus dari rangkaian Katekese tentang Pertobatan Santo Paulus.

Sri Paus Benediktus XVI, saat itu, mengawali renungannya dengan mengatakan bahwa, dalam pengalaman pribadi Santo Paulus ada satu file hidup yang tak terbantahkan yakni Paulus yang awalnya adalah seorang penganiaya dan pembenci orang-orang Kristen, dengan pertobatannya dalam perjalanan ke Damaskus, menjadi seorang pencinta radikal akan Kristus.

Pengalaman perjumpaan Paulus dengan Kristus ini memiliki dua sisi reflektif akan makna sentral Salib Yesus bagi Paulus. Yang pertama sisi universal: Yesus benar-benar mati untuk semua orang, dan yang kedua sisi subjektivitas: Dia (Yesus) juga mati untuk saya.

Baca Juga:  Gibran vs Kotak Kosong

Adapun satu penggalan teks Kitab Suci yang dikutip: “Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah” (1 Kor. 1:18); “Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat, tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.” (1 Kor. 1:22-24).

Kutipan ayat-ayat ini saya tampilkan bukan untuk dinterpretasi secara eksegetis tapi mari kita baca lalu cukup untuk direnungkan. Atau Jurgen Moltmann, dalam karyanya “The Crucified God” mengatakan perendahan diri Allah yang total itu digambarkan dengan jelas dalam peristiwa salib. Dan Rasul Paulus juga dalam surat kepada Jemaat di Filipi menjelaskan perendahan diri Allah yang sempurna itu ada pada peristiwa salib. Melalui salib, keselamatan diraih.

Kata “Salib” memang tidak selalu disandingkan dengan kata atau kalimat yang persuasif tapi lebih pada yang paradoks, misalnya dalam tulisan Paulus bisa ditemukan pula 2 kata yang sering disandingkan dengan kata “Salib” yakni: Skandal dan Kebodohan.

Tapi menarik bagi saya bahwa kata Salib itu mendapat makna dan kekuatan yang sesungguhnya ketika ada kegagalan, ada rasa sakit, ada kekalahan dan ada hinaan sebab disitulah terkristalisasi kekuatan cinta Tuhan yang tak terbatas. Salib adalah ungkapan cinta dan kasih yang tak terbatas. Karena itu, jika ada orang “aneh” yang berpendapat bahwa ada “sesuatu yang lain” pada Salib, pada titik itulah sebenarnya rasa cinta dan kasih kita ditantang. Kedewasaan iman kita diuji. Membalas tidak perlu. Mendoakan pasti. Terpancing juga tidak perlu. Tetapi memancing dia untuk keluar dari “kedangkalan” berpikirnya tentu perlu.

Baca Juga:  Lempar Isu China Bela Patung Bambu, Anies Baswedan Seorang Rasisme?

Memancing dia untuk keluar dari “sesat pikir” dengan mengajak sedikit “berpiknik”. Piknik yang tepat adalah piknik literasi. Piknik pikiran lintas batas. Piknik untuk berjumpa dengan yang lain. Berdiskusi. Mengajak dia untuk mempunyai “sparing partner”. Seorang teolog (baca: ahli/pemuka agama) yang tidak memiliki sparing partner adalah seorang ahli agama yang kesepian, yang sedang galau dengan gagasan dan dirinya sendiri lalu kemudian menghina yang lain. Ia hanya akan bermain dengan ide-ide teologisnya yang abstrak-idealis, yang kadang kala hanya berpusat pada satu permainan ide teologis tertentu.

Kalaupun ia berani dan berlari dari kesepiannya pada ujungnya ia hanya bergumul dengan Tuhannya sendiri dan kembali menghina yang lain.
Dan rasa saya, piknik yang tepat untuk “orang-orang jenis ini” adalah dengan berdialog dengan yang lain (agama lain).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Digdaya PT Flobamor Kendalikan Pariwisata Taman Nasional Komodo: Tarif Naik, Kualitas Pelayanan Buruk!
Kurikulum Merdeka, Nasib Guru Bahasa Jerman di Ujung Tanduk
Menguak Aliran Dana Philip Morris, Pemegang Saham PT HM Sampoerna Tbk ke Israel
Menakar Kans Koalisi Pengusung Anies Baswedan Bubar Kala Demokrat-PDIP Tampil Mesra
Kontroversi dalam Karier Sutradara Film Porno Kelas Bintang, Dari Sinetron ke Film Dewasa
Romo AS: Kasus Pastor Bunuh Diri dan Dugaan Salah Urus Gereja
Ridwan Kamil, Misi Partai Golkar Rebut Jawa Barat dari Gerindra dan PDIP
Menjadi Konten Kreator Tiktok, Rela Alih Profesi demi Fulus
Berita ini 120 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 11:04 WIB

Quote Hari Kartini 2024: 16 Ide Ucapan Hari Kartini di Media Sosial yang Menarik dan Berkesan

Sabtu, 20 April 2024 - 07:05 WIB

Link Download PDF Trik Konten TikTok dari 0 sampai FYP

Sabtu, 20 April 2024 - 06:24 WIB

Cara Internet Gratis Seumur Hidup tanpa Aplikasi Terbaru 2024

Sabtu, 20 April 2024 - 05:31 WIB

Cara Menyambungkan WiFi Indihome ke HP Tanpa Password

Sabtu, 20 April 2024 - 05:07 WIB

Cara Internetan Gratis dengan Bluetooth Terbaru 2024

Sabtu, 20 April 2024 - 04:43 WIB

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-tiba Muncul Tanpa Aplikasi Terbaru 2024

Jumat, 19 April 2024 - 23:43 WIB

Contoh Doa Memperingati Hari Kartini di Sekolah Lengkap dengan File PDF

Jumat, 19 April 2024 - 12:57 WIB

Cara Klaim Saldo Dana dari Pemerintah Rp 700 Ribu via Kartu Prakerja Pakai NIK dan KTP, Login di prakerja.go.id

Berita Terbaru