Tren Positif Kunjungan Wisata selama Sepekan Libur Lebaran di Labuan Bajo

Rabu, 17 April 2024 - 20:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Panorama wisata di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo. Foto: Istimewa

Panorama wisata di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo. Foto: Istimewa

Jakarta – Libur Lebaran (6 April 2024 – 15 April 2024) membawa dampak positif bagi pergerakan aktivitas wisata di beberapa destinasi di Indonesia, termasuk Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) pada Jumat (12/04) lalu.

Survei tersebut menunjukkan bahwa mudik dan libur lebaran tahun ini diprediksi akan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena telah memasuki masa pascapandemi, sehingga tidak ada lagi pembatasan kegiatan masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf), Sandiaga Uno, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil survei, terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat.

Pergerakan masyarakat di libur lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 193,6 juta orang.

“Angka ini meningkat dibandingkan pada masa lebaran tahun lalu sebesar 123,8 juta orang,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, dikutip Tajukflores.com, Rabu (17/4).

Peningkatan pergerakan masyarakat untuk berwisata di momen Lebaran 2024 ini juga ditopang oleh sejumlah faktor lain, seperti adanya cuti bersama yang membuat hari libur menjadi lebih panjang dibandingkan tahun 2023 dan kebijakan izin pengambilan cuti tahunan bagi ASN untuk libur lebaran 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenparekraf RI per 14 April 2024, rata-rata pengeluaran berwisata per orang adalah 2,73 juta rupiah.

Survei ini juga menunjukkan bahwa angka prediksi atau potensi perputaran ekonomi Sektor Parekraf secara Nasional adalah sebesar Rp369,8 triliun dari struktur pengeluaran akomodasi, transportasi, makan minum, dan oleh-oleh.

Baca Juga:  Wolobobo Ngada Festival 2022, Anak Muda Diajak Pelajari Keunikan Kopi Arabika Bajawa

Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Untuk Labuan Bajo sendiri, Data Air Traffic Bandara Komodo mencatat total pergerakan penumpang sejak H-7 Lebaran hingga H+4 Senin, 15 April 2024 Lebaran adalah sebanyak 35.750 pax, angka ini meningkat 14% dibandingkan tahun 2023.

Penerbangan ke Labuan Bajo ini digawangi oleh 7 maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, Air Asia, Lion Air, Wings Air, dan Super Air Jet dengan rute Penerbangan Langsung: Jakarta (CGK) – Labuan Bajo (LBJ), Bali (DPS) – Labuan Bajo (LBJ), Surabaya (SBY) – Labuan Bajo (LBJ), dan Ende, Flores (ENE) – Labuan Bajo (LBJ). Serta Rute Penerbangan Transit: Medan (KNO) – Jakarta (CGK) – Labuan Bajo (LBJ), Pekanbaru (PKU) – Jakarta (CGK) – Labuan Bajo (LBJ), Palembang (PLM) – Jakarta (CGK) – Labuan Bajo (LBJ), Bandung (BDO) – Denpasar (DPS) – Labuan Bajo (LBJ), Semarang (SRG) – Denpasar (DPS) – Labuan Bajo (LBJ), Yogyakarta (YIA) – Jakarta (CGK) – Labuan Bajo (LBJ), dan Samarinda (AAP) – Jakarta (CGK) – Labuan Bajo (LBJ).

Selanjutnya, terkait dengan pergerakan wisatawan di destinasi Bahari, KSOP Kelas III Labuan Bajo mencatat bahwa sejak tanggal 8 April hingga 15 April 2024, tercatat sebanyak 400 perjalanan kapal wisata di Labuan Bajo.

Adapun destinasi yang dituju seperti Pulau Padar, Komodo, Rinca, Sebayur, Taka Makassar, Batu Bolong, Sabolo, dan Pulau Kalong.

Masing-masing kapal ini membawa tamu sebanyak 3 hingga 38 penumpang, sesuai dengan kapasitas masing-masing kapal.

Baca Juga:  13,4 Juta Data Pelaku Koperasi dan UMKM Telah Dikumpulkan, Ini Manfaatnya

Liburan Lebaran di Labuan Bajo Berjalan Lancar dan Aman

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) juga mencatat bahwa libur lebaran di Labuan Bajo Flores berjalan lancar, aman, dan nyaman. Berbagai pihak terkait memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal selama libur.

Polres Manggarai Barat, misalnya, mengadakan Operasi Ketupat yang melibatkan 231 personel gabungan dari berbagai instansi.

Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) juga menyediakan beberapa Posko Pelayanan Wisata di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat juga menyiapkan posko lebaran di tiga titik. BPOLBF juga telah mengaktivasi TIC (Tourism Information Center) yang dapat diakses di 4 titik lokasi baik secara digital maupun offline.

Plt. Direktur Utama BPOLBF, Frans Teguh, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak di Labuan Bajo Flores khususnya dan NTT pada umumnya.

Apresiasi ini diberikan atas peran mereka dalam menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat serta wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo dan sekitarnya.

“Kami dari BPOLBF dan tentu saja mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak di Labuan Bajo Flores dan NTT pada umumnya,” kata Frans Tegu.

“Dengan caranya masing-masing, mereka telah bersama-sama menjaga dan menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan selama libur lebaran ini. Mereka juga turut berperan memastikan saudara-saudara kita menjalankan ibadah puasa hingga menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan penuh kegembiraan,” tandas Frans.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Fons Abun

Editor : Marcel Gual

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Anggaran Kemensos 2025 Turun Rp2 Triliun, PKH Tetap 10 Juta Keluarga
Di depan DPR, Menkeu Sri Mulyani Bicara Defisit Anggaran Tahun 2025
Beras Impor Indonesia Capai 1,7 Juta Ton, Hampir Semua Negara Asean Jadi Penyumbang
Diragukan Lawan, Prabowo Yakin APBN Mampu Biayai Program Makan Siang Gratis
Presiden Jokowi Turun Tangan Benahi Bea Cukai yang Sarat Masalah, Ini Respon Kemenkeu
UU Cipta Kerja Disahkan Jokowi, Karyawan Pensiun dan PHK Dapat Pesangon dan Uang Penghargaan
8 Provinsi Belum Bentuk Komite Daerah Ekonomi Syariah, Termasuk Papua, Bali dan NTT
Pengunggah Tuding Bea Cukai Pungut Pajak Peti Mati Akhirnya Minta Maaf, Ngaku Belum Paham Aturan
Berita ini 1,936 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 14:17 WIB

BPOLBF Gelar Famtrip dan Table Top Meeting untuk Tingkatkan Kunjungan Wisman Korsel ke Labuan Bajo

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:03 WIB

Danau Merah Rimba Candi: Mengungkap Misteri Warna Merah di Perbatasan Sumsel dan Bengkulu

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:21 WIB

Jelajahi Keunikan “Air Terjun Ajaib” Pangkadari di Flores, Siap Menyambut Wisatawan

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:02 WIB

Pesona Pantai Melasti Bali, Lokasi World Water Forum Ke-10

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:54 WIB

Pesona Wae Bobok: Pemandian Air Panas, Panorama Alam, dan Legenda Umpu Bobok di Flores

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:42 WIB

Rekomendasi 5 Objek Wisata di Manggarai Timur Flores, Ada Komodo Seperti di Labuan Bajo

Rabu, 15 Mei 2024 - 18:51 WIB

Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta: Keindahan Alam dan 4 Mitos yang Memikat!

Senin, 13 Mei 2024 - 11:23 WIB

Destinasi Wisata Gua Tapak Raja, Pesona Tersembunyi di Dekat IKN

Berita Terbaru