News

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kabupaten Manggarai Gelar Sosialisasi di SMAN 1 Cibal

Minggu, 19/01/2020 19:08 WIB

Bawaslu Kabupeten Manggarai melakukan sosialiasi tahapan pemilukada di SMAN 1 Cibal, Pagal, Sabtu (18/1/2020). Foto: Tajukflores.com/Ist

Ruteng, Tajukflores.com - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cibal bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam kegiatan "Lejong Sambil Ngopi (Ngobrol Pilkada)" di aula gedung SMAN 1 Cibal, Kecamatan Cibal, Sabtu (18/1).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai--Kordiv PHL (Pencegahan, Humas dan Hubungan antar Lembaga), Herybertus Harun beserta jajarannya, Ketua Panwascam Cibal, Sipri Anggal beserta anggota komisioner Panwascam Cibal, Kepala Sekolah SMAN 1 Cibal Yakobus No`u beserta 170 an peserta siswa-siswi kelas 3 SMA berusia 17 Tahun sebagai kategori pemilih pemula.

Kepala Sekolah SMAN 1 Cibal Yakobus No`u dalam sambutannya mengatakan, salah satu cara untuk meningkatkan Pemilu yang berkualitas adalah melalui sosialisasi dari penyelenggara. Yakobus mengharapkan seluruh siswa untuk tidak terlibat dalam praktek "money politic" serta meningkatkan partisipasi mereka dalam memberikan hak suaranya pada saat hari pemungutan suara 23 September 2020 mendatang.

"Suksesnya Demokrasi bangsa ini, tidak terlepas dari keterlibatan kita dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu, khususnya tahapan Pilkada 2020 Kabupaten Manggarai," kata Yakobus saat membuka kegiatan ini secara resmi.

Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Manggarai Herybertus Harun menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2020 Kabupaten Manggarai.

Dia pun membeberkan tahapan-tahapan yang dilakukan penyelenggara dalam proses Pemilu/Pilkada, mulai dari tahapan pemuktahiran data pemilih, tahapan pencalonan, tahapan verifikasi partai politik, tahapan kampanye, tahapan distribusi logistik surat suara, sampai dengan tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Menurut Hery, setiap tahapan-tahapan pemilu/pilkada pasti selalu ada indeks kerawanan yang terjadi. Jika kita temukan dugaan pelanggaran di masyarakat disertai dengan bukti-buktinya, segera laporkan ke pengawas pemilu.

Oleh karena itu, tugas pengawasan bukan hanya dilakukan oleh Bawaslu, tetapi tugas ini dilakukan secara bersama-sama oleh semua elemen masyarakat tanpa terkecuali.

"Dunia semakin maju, samakin berkembang, maka dari itu kita perlu mengambil bagian dalam pengawasan pilkada 2020," kata Hery.

Ketua Panwascam Cibal, Sipri Anggal dalam sambutannya menekankan pentingnya partispasi warga dalam mengawasi pemilu. Pengawas pemilu akan selalu intens berkordinasi dengan semua elemen masyarakat dengan harapan agar dapat memberi informasi ketika adanya temuan dugaan pelanggaran.

Oleh : Alex K

Artikel Terkait