News

Genjot Perubahan Kinerja Pelayanan, Ini Terobosan Direktur Perumda Tirta Komodo

Jum'at, 19/11/2021 11:38 WIB

Pada tanggal 19 Oktober 2021 yang lalu, Direktur Perumda AM Tirta Komodo melakukan studi banding di Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Tugu Tirta merupakan BUMD air minum terbaik di seluruh Indonesia. Direktur Marsel diterima Direktur Perumda AM Tugu Tirta M. Noor Muhlas. Foto: Humas PDAM Tirta Komodo/Tajukflores.com

Ruteng, Tajukflores.com - Sejak dilantik pada 1 September 2021, Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Marselus Sudirman, melakukan sejumlah terobosan. Baik dari sisi penataan sumber daya manusia maupun aspek pelayanan untuk menjawab tuntutan perbaikan pelayanan publik pada BUMD milik Pemerintah Kabupaten Manggarai itu.

"Untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik sejumlah perbaikan-perbaikan internal pun dilakukan agar harapan para pemangku kepentingan seperti KPM, DPRD dan masyarakat pelanggan bisa terpenuhi," kata Marsel dalam keterangannya, Jumat (19/11).

Menurut Marsel, terobosan-terobosan penting yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Komodo dapat diringkas dalam tiga hal besar yakni terobosan sumber daya manusia, kualitas pelayanan dan pengembangan cakupan pelayanan perusahaan.

Sejumlah terobosan selama tiga bulan terakhir dalam bidang sumber daya manusia di antaranya:

Pertama, peningkatan pemahaman dan etos kerja pegawai melalui bimbingan teknis dengan bekerja sama dengan Lembaga Nusa Bunga Mandiri pada tanggal 4 sd 8 Oktober 2021 di Ruteng. Bimtek ini mengikutsertakan seluruh pegawai dan melibatkan tim pengajar profesional dari Lembaga Nusa Bunga Mandiri.

Kedua, penjajakan kerja sama dengan Akademi Tehnik Tirta Wiyata Magelang, Jawa Tengah. Direktur Perumda AM Tirta Komodo Marselus Sudirman, SH bertemu dengan Rektor Akatirta Suparto Edi Sucahyo pada 18 Oktober 2021 di Magelang.

Beberapa hal penting yang dibicarakan di antaranya: peningkatan keterampilan pegawai bidang air minum bersih, kerja sama penerapan teknologi air minum dan kerja sama digitalisasi jaringan (SCADA) serta penurunan tingkat kehilangan air (NRW).

Ketiga, peningkatan kedisiplinan pegawai. Marsel menekankan tingkat kehadiran apel harian mulai dari pukul 07.30 Wita baik di Kota Ruteng maupun di Ibu Kota Kecamatan.

Kehadiran Apel dan pelaporan pekerjaan saat ini harus disampaikan secara real time kepada direksi. Indikator perubahan tampak dengan tingkat partisipasi pegawai dalam apel harian sudah mencapai 90 persen.

Keempat, peningkatan semangat kerja sama tim dengan pelibatan aktif Darma Wanita Persatuan pada kegiatan rutin sekali dalam seminggu misalnya olahraga bersama dan kerja bakti.

Untuk meningkatkan pelayanan air minum bersih sejumlah terobosan yang dilakukan sebagai berikut:

Pertama, peningkatan kinerja pelayanan dengan adaptasi teknologi air minum bersih. Untuk itu, pada tanggal 19 Oktober 2021 yang lalu, Direktur Perumda AM Tirta Komodo melakukan studi banding di Perumda Tugu Tirta Kota Malang.

Tugu Tirta merupakan BUMD air minum terbaik di seluruh Indonesia. Direktur Marsel diterima Direktur Perumda AM Tugu Tirta M. Noor Muhlas.

Pertemuan itu menjajaki beberapa kerja sama berupa adaptasi teknologi perusahaan air minum di antaranya: Scada Transmisi dan Distribusi, ZAMP (Zona air minum prima), Twuin PDAM, dan peningkatan efisiensi pembayaran rekening air.

Kedua, dalam rangka perlindungan sumber mata air dan infrastruktur air minum bersih serta penertiban pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Komodo menjajaki kerja sama dengan Polres Manggarai dan Kodim 1612/Manggarai.

Kerja sama yang menurut rencana akan direalisasikan pada tahun 2022 ini diharapkan akan mengurangi hal-hal yang dapat menghambat pelayanan air minum bersih di antaranya: gangguan pada sumber mata air, tindak perusakan jaringan perpipaan dan penertipan oknum yang melakukan penyambungan air secara illegal.

Ketiga, Perumda AM Tirta Komodo membuka seluas-luasnya akses bagi pelanggan untuk melakukan pengaduan dengan membuka kanal pengaduan melalui media sosial, whatsapp, call center perusahaan, dan memastikan nomor kotak petugas ada zona-zona pelayanan selalu aktif dan dapat bereaksi secara cepat dan tepat manakala terjadi gangguan pelayanan.

Keempat, untuk meningkatkan efisiensi penagihan piutang, Direktur Marsel membentuk tim khusus untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi penagihan.

Tim sudah bekerja aktif sejak tanggal 4 November dan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pelanggan untuk membayar rekening air.

Kelima, untuk memastikan keamanan air dikonsumsi masyarakat pelanggan, selama Bulan November 2021, dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Perumda melakukan pengujian kualitas air minum bersih.

Pengujian ini untuk memastikan air yang dimanfaatkan pelanggan aman sesuai dengan parameter kesehatan yang ditetapkan Pemerintah.

Keenam, untuk memastikan water meter pelanggan dapat mengukur secara tepat kubikasi pemakaian air, Perumda AM Tirta Komodo rutin melakukan kegiatan kalibrasi dan pergantian water meter. Hal ini diharapkan meningkatkan akurasi perhitungan kubikasi pemakaian pelanggan.

Bagaimana dengan pengembangan pelayanan di tiga wilayah yang belum tersentuh oleh Perumda AM Tirta Komodo yakni Lelak, Rahong Utara dan Reo Barat?

Pengembangan di tiga wilayah dapat dilakukan setelah ada Berita Acara Serah Kelola Jaringan Perpipaan dan Mata Air dari DPUPR Kabupaten Manggarai.

Infrastruktur air minum bersih yang dikerjakan Dinas PUPR yang diserahkan ke Bupati Manggarai selaku KPM, kemudian dari KPM menyerahkan ke Perumda AM Tirta Komodo dalam rangka pengembangan sambungan rumah (SR) dan perawatan jaringan air minum bersih.

Terkait dengan pengembangan di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, dapat dijelaskan bahwa, Perumda Air Minum Tirta Komodo berkomitmen agar cakupan pelayanan air minum bersih dapat meningkat. Dan khusus untuk Desa Satar Lenda dan beberapa wilayah lain, pengembangan pelayanan akan dilakukan pada tahun 2022 melalui program hibah air minum perkotaan untuk MBR.

Di musim penghujaan saat ini pipa transmisi Perumda Air Minum rentan putus akibat diterjang longsor. Untuk itu, petugas Perumda tetap sigap melaksanakan perbaikan dengan tetap menerapkan standar keselamatan kerja.

Oleh : Leonardus

Artikel Terkait