Mengenal Malaikat Agung Mikael: Pemelihara dan Pelindung Umat Beriman

Sabtu, 9 Desember 2023 - 14:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Malaikat Agung Mikhael atau Santo Mikael adalah lambang keberanian, perlindungan, dan pertahanan bagi kaum beriman Kristen Katolik. Foto kolase (Tajukflores.com)

Malaikat Agung Mikhael atau Santo Mikael adalah lambang keberanian, perlindungan, dan pertahanan bagi kaum beriman Kristen Katolik. Foto kolase (Tajukflores.com)

Tajukflores.com – Malaikat Mikael adalah salah satu dari tiga Malaikat Agung dalam tradisi Gereja Kristen Katolik. Sering disebut sebagai Santo Mikael, dia menjadi lambang keberanian, perlindungan, dan pertahanan bagi kaum beriman.

Penghormatan dan perayaan atas peran Malaikat Mikael terjadi pada tanggal 29 Desember dalam kalender liturgi Katolik.

Dalam keyakinan Kristen Katolik, Malaikat Mikael merupakan pemimpin para malaikat yang bertarung di surga melawan Lucifer, yang berakhir dengan kejatuhan Lucifer dan para pengikutnya dari surga.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kisah ini dikenal dari Kitab Wahyu Yohanes yang menggambarkan pertentangan antara kebaikan dan kejahatan.

“Mikhael bersama malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya” (Wahyu 12:7-9).

Perannya sebagai pembela kaum beriman tergambar dari kisah ini. Malaikat Mikael dianggap sebagai pelindung setia, siap membela dan melindungi orang-orang yang percaya dari serangan musuh jahat.

Baca Juga:  Uskup Ruteng Keluarkan Surat Gembala Menyongsong Pemilu 2024, Simak Isinya

Tradisi Kristen mencatat bagaimana Mikael membantu orang-orang dalam penganiayaan dan godaan. Kisah dalam Kitab Daniel juga menunjukkan intervensi Mikael dalam membantu dan melindungi, seperti dalam kutipan: “kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku…” (Daniel 10:13).

Penghormatan terhadap Malaikat Agung Mikael terlihat dalam pendirian gereja-gereja yang didedikasikan untuknya di berbagai tempat.

Penghormatan terhadapnya semakin bertambah setelah penampakannya di Gunung Gargano, Italia, pada abad ke-5. Di sini, sebuah gereja dibangun untuk menghormatinya sebagai tanda keberadaan dan perlindungannya terhadap umat.

Legenda juga mencatat penampakan Malaikat Mikael di atas Gunung Santo Angelo (Benteng Santo Mikhael) ketika Roma mengalami wabah penyakit. Paus Gregorius disebut melihat Mikael tengah menghunus pedangnya di makam Kaisar Adrian, memberikan perlindungan bagi kota Roma.

Penghormatan dan keyakinan akan kehadiran serta perlindungan Mikael sebagai malaikat agung terus menjadi bagian penting dalam spiritualitas umat Kristen, menjadi simbol kekuatan dan iman dalam menghadapi tantangan dan perjuangan hidup.

Malaikat Agung dan Perannya

Peran besar Malaikat Agung sebagai utusan Tuhan sangatlah penting dalam kehidupan spiritual Katolik. Mereka dianggap sebagai pelayan langit yang mendampingi dan melindungi umat manusia, membantu mereka menjaga iman kepada Kristus agar terus berada dalam keselamatan yang berasal dari Allah melalui Yesus Kristus.

Baca Juga:  Provinsi Maluku Pertahankan Gelar Juara Umum di Pesparani Katolik Nasional III 2023

Kehadiran para malaikat ini dianggap sebagai anugerah, sebuah bukti dari kasih dan perlindungan ilahi yang senantiasa mengelilingi umat manusia.

Dalam sejarah, Gereja Katolik secara resmi mengakui tiga dari tujuh Malaikat Agung, yaitu Santo Mikael, Santo Gabriel, dan Santo Rafael. Pengakuan atas ketiga malaikat ini didasarkan pada keberadaan mereka yang tercatat dalam Kitab Suci, menjadi bagian integral dari ajaran dan doktrin Gereja Katolik.

Sementara empat malaikat lainnya, yaitu Santo Uriel, Santo Yehudiel, Santo Barachiel, dan Santo Sealtiel, diakui sebagai kelompok kerubim atau makhluk surga lainnya, meskipun tidak secara langsung diakui sebagai Malaikat Agung dalam doktrin Gereja Katolik.

Ini menegaskan pentingnya peran utusan Tuhan, terutama peran tiga Malaikat Agung yang diakui secara resmi, dalam memandu, melindungi, dan membimbing umat manusia dalam perjalanan iman mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Edeline Wulan

Editor : Marcel Gual

Berita Terkait

Pulau Jawa Lebih Padat Dibanding Rusia dan Jepang, Ini Alasannya!
Kesan Luhut Usai Nonton Film Agak Laen di Bioskop, Kaget Namanya Disebut!
Jangan Bingung! Ini Arti ‘Agak Laen’ yang Viral di Media Sosial
Unik, 2 Bayi di Banda Aceh Lahir di Tahun Kabisat 29 Februari
Viral, Mahasiswa Ini Pergi ke Kampus Pakai Pesawat demi Hemat Biaya Sewa
Mengapa Masa Prapaskah Berlangsung selama 40 Hari?
Kisah Pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto: Antara Cinta dan Politik
Di Balik Layar Dirty Vote: Alasan Dandhy Laksono Ungkap Dugaan Kecurangan Pemilu
Berita ini 167 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 17:38 WIB

Perolehan Suara DPD RI Dapil NTT: Pendatang Baru Jadi Jawara, El Asamau Gagal ke Senayan

Selasa, 5 Maret 2024 - 13:34 WIB

BPOLBF Gandeng Bandara Komodo Genjot Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo dan Flores

Selasa, 5 Maret 2024 - 12:37 WIB

Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, KSOP Labuan Bajo Gelar Diklat BST untuk Masyarakat

Selasa, 5 Maret 2024 - 11:08 WIB

Polri Rekrut 10.000 Orang untuk Memperkuat Keamanan di Papua

Selasa, 5 Maret 2024 - 10:53 WIB

Kemenko PMK Usulkan Skema Besaran Bansos Berdasarkan Wilayah

Selasa, 5 Maret 2024 - 09:08 WIB

Demo di DPR Hari Ini, Polri Turunkan 3.929 Personel

Senin, 4 Maret 2024 - 22:13 WIB

Tak Perlu Tunggu Prabowo-Gibran, Pengusaha Dermawan di Kupang Beri Makan Siang Gratis ke Siswa SD

Senin, 4 Maret 2024 - 21:26 WIB

OJK Blokir 233 Pinjol Ilegal, Total Jadi 2.481 Sejak 2023

Berita Terbaru

Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi

Tips & Trick

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi

Selasa, 5 Mar 2024 - 15:06 WIB