Perkiraan Biaya Wisata ke Pulau Komodo Labuan Bajo, Budget Minim Juga Bisa

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Labuan Bajo, destinasi wisata premium di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.

Labuan Bajo, destinasi wisata premium di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.

Tajukflores.com – Perkiraan biaya wisata ke Labuan Bajo, Manggarai Barat adalah informasi yang sangat penting bagi setiap wisatawan. Mengetahui perkiraan biaya membantu Anda merencanakan keuangan Anda dengan lebih baik.

Anda dapat menyesuaikan anggaran perjalanan Anda sesuai dengan jumlah uang yang tersedia. Ini menghindari risiko kehabisan uang selama perjalanan atau menghabiskan lebih dari yang Anda rencanakan.

Begitu juga ketika Anda berencana untuk berlibur ke Labuan Bajo, sebuah destinasi cantik di ujung barat Pulau Flores.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut adalah perkiraan biaya perjalanan ke Labuan Bajo, mulai dari tiket pesawat, paket wisata, transportasi, makanan, dan penginapan:

1. Tiket Pesawat

Tiket pesawat merupakan biaya utama yang harus Anda pertimbangkan untuk perjalanan ke Labuan Bajo. Harga tiket pesawat dapat bervariasi tergantung pada waktu keberangkatan, musim, dan maskapai penerbangan yang Anda pilih.

Harga tiket pesawat ke Labuan Bajo biasanya mulai dari Rp900.00 hingga Rp3.000.000 per orang untuk penerbangan pulang-pergi dari Jakarta.

Biasanya, agar bisa ikut Open Trip Sailing Labuan Bajo selama 3 hari 2 malam, Anda harus tiba di Labuan Bajo pada hari Kamis. Alasannya, perjalanan berlayar dengan kapal pinisi dimulai pada hari Jumat hingga Minggu.

Perkiraan biaya tiket pesawat ke Bandara Komodo dari Jakarta adalah sekitar Rp1,3 juta, dari Surabaya juga Rp1,3 juta, dan dari Bali sekitar Rp800 ribu. Jika Anda menghitung tiket pesawat pulang-pergi, maka biayanya sekitar Rp2 juta.

2. Paket Wisata

Paket wisata yang paling populer di Labuan Bajo adalah Open Trip selama 3 hari 2 malam. Hampir semua agen travel wisata menyediakan paket ini. Selama 3 hari 2 malam, Anda akan menjelajahi keindahan Labuan Bajo dengan kapal pinisi yang mengunjungi 10 destinasi wisata di kecamatan Komodo.

Destinasi yang akan Anda kunjungi meliputi Pulau Komodo termasuk Taman Nasional Komodo, Pink Beach, Manta Point, Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Manjarite, Pulau Kalong, Taka Makassar, Pulau Siaba, dan Pulau Kanawa.

Baca Juga:  Wisata Halal Indonesia: Peluang Emas atau Bahaya Laten?

Anda akan berlayar dan menginap di kapal karena destinasi wisata di Labuan Bajo memiliki jarak yang cukup jauh antara pulau-pulau kecil.

Biaya Open Trip Labuan Bajo 3 hari 2 malam dimulai dari Rp2.450.000. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada pilihan kamar atau kabin di kapal phinisi yang Anda pilih. Untuk informasi lebih rinci tentang pilihan kapal phinisi dan kabin untuk Open Trip 3 hari 2 malam, Anda dapat mengklik di sini.

Selain itu, ada juga paket wisata satu hari dengan menggunakan speed boat dengan biaya sekitar Rp1.450.000 per orang. Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk tiket masuk Taman Nasional Komodo, yaitu Rp250 ribu untuk WNI dan Rp400 ribu untuk WNA, karena biasanya tiket TNK belum termasuk dalam paket wisata.

3. Transportasi

Saat tiba di Bandara Komodo di Labuan Bajo, Anda akan memerlukan transportasi untuk mencapai hotel atau penginapan Anda. Ada beberapa pilihan transportasi yang tersedia di Labuan Bajo, seperti taksi, ojek, atau sewa mobil.

Biaya transportasi di Labuan Bajo bervariasi tergantung pada jenis transportasi yang Anda pilih. Biasanya, biaya taksi dari bandara ke pusat kota Labuan Bajo berkisar antara Rp50.000 hingga Rp250.000 tergantung lokasi hotel atau penginapan Anda.

Jika Anda tiba di Labuan Bajo pada hari Kamis dan ikut Open Trip pada hari Jumat, Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi pada hari Kamis untuk menuju hotel dan makanan. Total biaya transportasi per hari sekitar Rp100 ribu per orang. Untuk peserta Open Trip, biaya penjemputan di hari awal dan pengantaran ke Bandara atau hotel biasanya sudah termasuk dalam paket.

Baca Juga:  Hotel Ayana Komodo Raih Penghargaan Resort Liburan Mewah Terbaik Dunia

4. Penginapan di Labuan Bajo

Labuan Bajo menawarkan berbagai macam pilihan akomodasi, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan yang lebih sederhana seperti guest house atau hostel. Harga akomodasi bervariasi tergantung pada jenis akomodasi yang Anda pilih.

Untuk hostel atau penginapan sederhana, harga bisa mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000 per malam. Sedangkan untuk hotel berbintang atau resort, harga bisa mencapai Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000 per malam.

5. Makanan dan Minuman

Harga makanan di restoran bervariasi antara Rp50.000 hingga Rp200.000 per orang, tergantung pada jenis restoran yang Anda pilih. Jika Anda ingin menghemat biaya, ada banyak warung makanan lokal yang menawarkan harga lebih terjangkau, sekitar Rp25.000 hingga Rp35.000 per orang.

Dan jika Anda ingin mencicipi seafood di Kampung Ujung, Labuan Bajo, harga yang ditawarkan mulai dari Rp100.000 untuk satu paket nasi.

Jika Anda mengikuti Open Trip pada hari Jumat, Anda tidak perlu memikirkan biaya makanan selama perjalanan karena sudah termasuk dalam paket.

Rincian Biaya Keseluruhan (Untuk Open Trip 3D2N):

Paket wisata Open Trip Labuan Bajo 3D2N: Rp2.450.000
Tiket Masuk Taman Nasional Komodo: Rp 250.000 (WNI), Rp400 ribu (WNA)
Tiket pesawat pulang-pergi: Rp2.000.000
Hotel/penginapan hari pertama:Rp 300.000
Transportasi: Rp100.000
Makan dan minum: Rp100.000

Total biaya yang harus Anda siapkan mulai dari Rp5.050.000 per orang selama 4 hari 3 malam di Labuan Bajo.

Jadi, untuk mendapatkan perkiraan biaya wisata yang lebih akurat, Anda perlu mempertimbangkan semua faktor di atas dan menyesuaikannya dengan anggaran Anda.

Namun, sebagai gambaran kasar, perkiraan biaya perjalanan ke Labuan Bajo untuk melihat kecantikan Komodo bisa berkisar antara Rp5 juta hingga 10 juta rupiah, tergantung pada pilihan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Pasar Ubud Bali: Surga Belanja Pecinta Seni dan Souvenir Unik
Resmi Dibuka! Grand Palma Pangandaran by Horison, Resort Bintang 4 dengan Fasilitas Lengkap
Parapuar, Gerbang Pesona Baru di Labuan Bajo
Pesona Kolam di Atas Awan Desa Wisata Wae Lolos Dekat Labuan Bajo
Tragedi Snorkeling di Labuan Bajo, BPOLBF Ingatkan Pentingnya Keselamatan Wisatawan
5 Rekomendasi Wisata Libur Akhir Pekan di DKI Jakarta
Cara Membuat Kompiang Manggarai, Roti Tradisional Penuh Cita Rasa
Ta’aktana, Resort Mewah di Labuan Bajo untuk Pernikahan Impian Anda
Berita ini 145 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 13:06 WIB

22 Titik Bencana Landa Manggarai Barat di Februari 2024, Warga Diminta Waspada

Selasa, 27 Februari 2024 - 12:38 WIB

Wolobobo Ngada Festival Masuk KEN 2024, Fokus Promosi Kopi Arabika Bajawa

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:37 WIB

HUT ke-21 Manggarai Barat: Impian ‘Mabar Mantap’ hanya Jadi Pemanis Kampanye

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:39 WIB

Layanan Transportasi Online Maxim Hadir di Lobalain, Rote Ndao NTT

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:52 WIB

Musik Kencang Ganggu Warga, Warkop Dekat Polres Mabar di Labuan Bajo Ditegur Polisi

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:30 WIB

Usai Pemilu 2024, Presiden Jokowi Bukan Kemungkinan Stop Penyaluran Bansos Beras

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:16 WIB

Kemenparekraf Gelar Rakornas Pemasaran Pariwisata di Pontianak, Dorong Sinergi dan Inovasi Menuju Target 2024

Jumat, 23 Februari 2024 - 07:56 WIB

Perpres Publisher Rights Atur Kerja Sama Publisher dan Platform Media Sosial

Berita Terbaru