Gaya Hidup

5 Bahan Sederhana Tawarkan Racun Ular Berbisa

Selasa, 04/06/2019 15:35 WIB

Ular Hijau (Facebook Generasi Biologi)

Jakarta, Tajukflores.com - Akademisi sekaligus Direktur LPI Boni Hargens menyoroti layanan kesehatan di Kabupaten Manggarai menyusul adanya kelangkaan obat penawar racun ular berbisa di RSUD Ben Mboi, Ruteng.

Boni pun meminta agar Pemkab Manggarai dalam hal ini Dinas Kesehatan segera melakukan pembenahan.

Di sisi lain, gigitan ular berbisa memang berbahaya, malah bisa menyebabkan kematian jika tidak segera mendapatkan pertolongan.

Jika terkena gigitan ular berbisa, jangan panik. Hal ini agar bisa tidak cepat menyebar. Setelah itu, lakukan pertolongan pertama. Ada 5 bahan yang bisa digunakan.

Mengutip batamnews.co.id, lima bahan ini bisa membantu anda sebagai pertolongan pertama.

1. Minyak lavender

Tetesan minyak ini sangat bermanfaat dan mampu membuat orang merasa nyaman. Caranya, teteskan minyak lavender ke titik gigitan ular.

Efeknya dapat membuat merasa rileks dan membantu penundaan penyebaran racun.

2. Daun kari

Daun kari digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan gigitan ular karena sifatnya yang memulihkan. Bahkan, ia dapat secara instan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Ramuan ini didapat dengan cara yang mudah. Pertama, rebus segenggam daun kari dalam susu lalu oleskan air rebusan ini ke luka gigitan ular.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa berfungsi untuk melawan bakteri, parasit dan racun. Minyak kelapa pun telah terbukti dapat menyembuhkan luka.

Untuk menyembuhkan luka tersebut cukup oleskan minyak kelapa pada area yang terkena gigitan lalu bungkus dengan perban.

4. Tanaman Mongoose

Tanaman Mongoose dapat mengobati seseorang yang terkena gigitan ular. Sebab, Tanaman Mongoose memiliki kemampuan untuk menetralkan racun yang telah menyebar ke aliran darah.

Tanaman Mongoose ini lazimnya tumbuh di kawasan Asia Selatan. Caranya, rebus dengan air. Lalu usapkan pada daerah yang terkena gigitan.

5. Kunyit

Caranya, minum air kunyit. Tak hanya saat terkena racun saja, air kunyit juga bisa untuk pemulihan.

Oleh : Grace Seran

Artikel Terkait