Politik

Wabah Corona Merebak, KPU NTT: Pilkada 2020 Berjalan Sesuai Jadwal

Kamis, 19/03/2020 21:23 WIB

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu (Foto : Antara)

Kupang, Tajukflores.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Thomas Dohu, mengatakan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

Hal ini dikemukakan Thomas terkait dengan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di NTT di tengah merebaknya wabah Corona Virus Disease (COVID-19).

"Penahapan Pilkada, sesuai dengan SE Nomor 4 KPU RI, tetap berjalan. Namun, dengan memastikan semua penyelenggara kami sehat dan dapat menjalankan tugas," kata Thomas Dohudi Kupang, Kamis (19/3).

Menurut dia, ada tahapan pelaksanaan Pilkada yang membutuhkan kontak fisik, seperti kegiatan verifikasi faktual dukungan terhadap calon perseorangan.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan mengatur jarak kontak antara petugas dan pendukung ketika melakukan verifikasi faktual dukungan.

Pada tahun 2020, di Provinsi Nusa Tenggara Timur akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak di sembilan kabupaten.

Ketua KPU Provinsi NTT lantas menyebut sembilan kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Barat, dan Kabupaten Sumba Timur.

Dari sembilan kabupaten ini, empat kabupaten di antaranya tanpa calon perseorangan, yakni Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Manggarai, Sumba Barat, Sumba Timur, dan Malaka.

 

Oleh : Alex K

Artikel Terkait