News

Gubernur Viktor Laiskodat dan Wagub Josef Nae Soi Positif Covid-19

Rabu, 13/01/2021 19:57 WIB

Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dan Wakilnya Josef Nae Soi (kanan) (Foto: Antara)

Kupang, Tajukflores.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dinyatakan positif COVID-19. Saat ini, ia sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Tentara Gatot Soebroto Jakarta.

"Gubernur dalam keadaan sehat. Secara fisik dia baik-baik saja. Tidak ada yang luar biasa. Namun, dia memilih mengisolasi diri di rumah sakit,” kata Sekretaris Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Maing, Rabu (13/1).

Maing mengungkapkan, sesuai rencana awal, Laiskodat akan kembali ke Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Rabu. Namun, dia membatalkan rencana tersebut setelah hasil tes positif COVID-19.

Laiskodat diduga terpapar COVID-19 selama berada di Jakarta. Sebelum berangkat ke Jakarta pada Jumat (8/1) lalu, ia dinyatakan negatif mengidap virus tersebut.

“Hasilnya negatif, jadi dia ke Jakarta untuk urusan dinas,” ujarnya.

Benediktus mengatakan, Gubernur NTT diduga tertular COVID-19 ketika berada di Jakarta karena sebelum melakukan perjalanan ke Jakarta pada Jumat (8/1) dia menjalani pemeriksaan dan hasilnya menunjukkan dia tidak terinfeksi virus corona.

"Hasilnya negatif, sehingga Beliau pun berangkat ke Jakarta untuk urusan kedinasan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Josef Nae Soi juga tertular COVID-19 setelah pemeriksaan antigen dan swab pada hari Kamis (7/1).

Josef Nae Soi sendiri mengumumkan secara langsung melalui telekonferensi pada hari Senin (11/1) terkait dengan tertular COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan karena diketahui sopir dan ajudannya telah terpapar virus corona.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Maing memastikan penyelenggaraan pemerintahan di provinsi setempat tetap berjalan normal meski Laiskodat dan Josef Nae Soi menjalani karantina akibat tertular COVID-19.

"Gubernur dan Wagub NTT saat ini masih menjalani karantina dalam rangka perawatan. Kendati demikian, pemerintahan provinsi tetap berjalan sebagaimana biasa," kata Benediktus Polo Maing di Kupang, Rabu, (13/1).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan kondisi penyelenggaraan pemerintahan Provinsi NTT setelah Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakilnya Josef Nae Soi terkonfirmasi positif tertular COVID-19.

Benediktus memastikan roda pemerintahan provinsi tetap berjalan normal meski pihaknya tetap berkoordinasi dengan kedua pimpinan yang sedang dalam masa karantina.

"Untuk segala hal prinsip dan mendesak, sebagai Sekda, saya akan laporkan kepada beliau berdua untuk mendapat petunjuk lebih lanjut jika itu diperlukan," katanya.

Oleh : Grace Seran

Artikel Terkait