Tempat Wisata Darat yang Wajib Dikunjungi di Labuan Bajo, Ada Kawasan Titik Nol Watefront City

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:21 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tempat Wisata Darat yang Wajib Dikunjungi di Labuan Bajo, Ada Kawasan Titik Nol Watefront City

Tempat Wisata Darat yang Wajib Dikunjungi di Labuan Bajo, Ada Kawasan Titik Nol Watefront City

Tajukflores.com – Keindahan alam Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara (NTT) tak perlu Anda ragukan lagi. Salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas atau dikenal sebagai 10 Bali Baru ini menjadi incaran para pelancong untuk menghabiskan liburan atau berburu foto Instagramable.

Labuan Bajo juga termasuk lima destinasi wisata super prioritas Kementerian Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf). Itu tak lain karena daerah yang terletak di bagian barat Pulau Flores ini memliki sejumlah lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sebut saja kawasan habitat binatang purba Komodo di Taman Nasional Komodo (TNK), Pulau Kelor, Pulau Padar Pulau Rinca, Giri Laba, Pulau Manjerite dan sebagainya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Umumnya, untuk sejumlah lokasi wisata ini, pelancong harus menyewa kapal di Labuan Bajo. Tentunya, untuk mendapat pengalaman liburan berkesan, wisatawan perlu menyewa kapal Phinisi yang banyak tersedia di Labuan Bajo.

Nah, seiring namanya yang terus melambung, banyak wisawan bertanya lokasi mana saja di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi di daratan.

Berikut Tajukflores.com merekomendasikan lokasi wisata daratan di Labuan Bajo.

1. Bukit Cinta

Tempat pertama juga dikenal dengan nama Bukit Silvia. Lokasi ini menjadi pilihan favorit wisatawan untuk menikmati sunset.

Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan alam Labuan Bajo dengan hamparan pulau dan bukit-bukitnya.

Untuk sampai ke Bukit Cinta, wisatawan perlu sedikit mendaki. Di puncak, sembari menunggu golden sunset, wisatawan menyaksikan indahnya lautan di antara bukit-bukit.

2. Goa Batu Cermin

Jauh sebelum terkenal sampai hari ini, Goa Batu Cermin merupakan salah satu spot wisata favorit di Labuan Bajo bagi pengunjung lokal.

Baca Juga:  Wisata Arung Jeram Pertama di Flores Tersedia di Manggarai Timur

Goa Batu Cermin terkenal karena pantulan cahaya matari di bebatuan. Juga terdapat fosil-fosil hewan laut yang secara alami ada di dinding goa.

Asal-usul nama Goa Batu Cermin muncul dari salah satu sudut goa yang terdapat lubang di bagian atapnya.

Atap itulah yang menjadi jalan masuk matahari ke batu-batu. Nah, bebatuan inilah yang memantulkan cahaya matahari bak cermin. Dari sinilah goa ini dinamakan dengan Goa Batu Cermin.

3. Puncak Waringin

Puncak Waringin terletak di Kota Labuan Bajo. Dikenal dengan kawasan Kompas Labuan Bajo, Puncak Waringin disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk menikmati sunset.

Di sini, pengunjung dapat menikmati sunset tiga kali lebih baik dibandingkan tempat lainnya.Hal ini lantaran di Puncak Waringin, wisatawan dapat menikmati siluet pulau-pulau dan hamparan kapal Phinisi.

Di dalam kawasan Kompas Labuan Bajo, juga terdapat bangunan berarsitektur Manggarai. Tempat ini dibangun sebagai pusat souvenir dan creative hub dengan amphitheatre diantaranya untuk berbagai kegiatan seni dan budaya.

4. Waterfront City Labuan Bajo

Kawasan Waterfront City disebut sebagai titik nol pariwisata Labuan Bajo. Ini termasuk spot wisata baru di Labuan Bajo yang terletak di daratan.

Sebenarnya, Waterfront City merupakan sarana informasi pariwisata di Labuan Bajo, termasuk daerah pariwisata yang ada di Pulau Flores, Alor, Lembata hingga Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tempat ini juga menjadi titik kumpul wisatawan sebelum berangkat ke wisata bahari Taman Nasional Komodo.

Baca Juga:  Berburu Sunset di Waterfront City, Momen Akhir Pekan Saat Berwisata ke Labuan Bajo

Kawasan Waterfront sendiri terbagi menjadi lima zona. Zona A Bukit Pramuka, meliputi zona pejalan kaki lengkap dengan taman, gerai sentra ekonomi kreatif, dan juga menara pandang.

Zona B Kampung Air, meliputi penataan ruang-ruang terbuka dengan tema Tangga Bajo yang didesain agar setiap sudut ruang dapat diakses publik, serta terdapat panggung terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati pertunjukkan seni tradisional atau atraksi seni lainnya.

5. Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang terletak di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeilling, Manggarai Barat. Lokasinya terdapat di kawasan hutan Mbeilling.

Obyek wisata alam ini terkenal mirip seperti Green Canyon namun dalam versi kecilnya.

Kemiripannya terletak pada aliran sungainya yang berada di antara tebing bebatuan besar dan air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan.

Nama Air Terjun Cunca Wulang memiliki makna tersendiri. Dalam bahasa Indonesia, Cunca dan Wulang sendiri berarti air terjun dan Bulan. Jadi nama itu berarti air Terjun Bulan.

Air Terjun Cunca Wulang berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut yang membuat udara di sekitar menjadi lebih sejuk sejuk.

Sementara itu, area sungainya pun sangat cocok sebagai tempat untuk berenang. Cukup banyak pengunjung yang melakukan lompatan dari atas batu hingga yang dari ketinggian 6 meter menuju bawah sungai.

Sayangnya, baru-baru ini, Dinas Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Manggarai Barat memutuskan untuk menutup sementara kawasan wisata air terjun Cunca Wulang. Keputusan ini imbas dari kecelakan sejumlah wisatawan hingga meninggal dunia.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Kopi Flores: Aroma Unik dan Cita Rasa Penuh Karakter Menawan Dunia
Pasar Ubud Bali: Surga Belanja Pecinta Seni dan Souvenir Unik
Resmi Dibuka! Grand Palma Pangandaran by Horison, Resort Bintang 4 dengan Fasilitas Lengkap
Parapuar, Gerbang Pesona Baru di Labuan Bajo
Pesona Kolam di Atas Awan Desa Wisata Wae Lolos Dekat Labuan Bajo
Tragedi Snorkeling di Labuan Bajo, BPOLBF Ingatkan Pentingnya Keselamatan Wisatawan
5 Rekomendasi Wisata Libur Akhir Pekan di DKI Jakarta
Cara Membuat Kompiang Manggarai, Roti Tradisional Penuh Cita Rasa
Berita ini 504 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 28 Februari 2024 - 12:27 WIB

Link Nonton Film Agak Laen 2024 Full HD Pengganti LK21

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:22 WIB

Lagu ‘Lagi Syantik’ Siti Badriah Tembus 700 Juta Views di YouTube: Sejarah Baru Musik Indonesia

Kamis, 1 Februari 2024 - 21:37 WIB

Raffi Ahmad Kembali Diterpa Rumor Pencucian Uang, Nagita Slavina Tetap Pamer Keceriaan

Kamis, 1 Februari 2024 - 13:13 WIB

Raffi Ahmad Dituding Lakukan Pencucian Uang, Punya Ratusan Rekening Penadah

Rabu, 31 Januari 2024 - 21:28 WIB

Tamara Tyasmara Buka Suara Soal Penyebab Anaknya Dante Meninggal

Rabu, 31 Januari 2024 - 13:22 WIB

Kontroversi Sarah Keihl: Dari Lelang Keperawanan hingga Dituding Menduakan Mantan

Rabu, 31 Januari 2024 - 12:21 WIB

BCL Tak Mau Punya Anak Lagi, Gaji Tiko Aryawardhana Jadi Sorotan

Senin, 29 Januari 2024 - 13:48 WIB

10 Film yang Akan Tayang di Bioskop Februari 2024

Berita Terbaru