Travel

Lontart Cafe, Tongkrongan Kekinian di Labuan Bajo

Senin, 13/07/2020 13:32 WIB

Lontar Cefe. Foto: Tajukflores.com/Ist

Labuan Bajo, Tajukflores.com - Menikmati suasana sore dan malam hari di Labuan Bajo adalah sesuatu yang menyenangkan. Disini banyak pemandangan yang memanjakan mata bagi mereka yang mengunjunginya.

Selain laut, bukit, pemandangan sunset yang memanjakan mata para wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara yang mengunjunginya tentunya, tak akan lupa mengabadikannya. 

Biasanya, mereka rela meluangkan waktunya untuk menantikan sang mentari kembali sekedar untuk berselfie dan swafoto di spot-spot yang strategis. Juga menghabiskan momen ini di banyak kafe  yang ada, di pusat kota dan sekitarnya sekedar untuk bersenda gurau bersama teman-teman, sembari menikmati secangkir kopi atau sebotol bir.   

Lontar Cafe

Kafe-kafe yang ada di Labuan Bajo pun, ada begitu banyak pilihan. Masing-masing menyuguhkan kekhasan baik dari lokasi yang strategis untuk menikmati senja, spot foto yang menarik, desain-desain interior dan beragam konsep lainnya yang menarik. 

Salah satunya adalah Lontart Café. Lontart Café merupakan salah satu tongkrongan kekinian yang berada di Kampung Nggorang, sekitar 10 km dari pusat kota Labuan Bajo. 

Menurut Mart Sakeus selaku penggagasnya, kata Lontar berasal dari kata lontar dan art

Sementara art diambil dari bahasa Inggris, yang berarti seni.

Ide awal berdirinya kafe ini pun tidak lepas dari keinginan kuat dari dalam diri seorang Mart Sakeus untuk berkarya sesuai dengan passionnya.

Bahkan tidak ada niatan dalam dirinya untuk berkarya di lembaga-lembaga pemerintahan atau pun perusahan-perusahan swasta lainnya seperti kebanyakan orang.

Dia mengaku ingin bertarung di luar, yaitu dengan berwirausaha.  Alumnus Institut Seni Yogyakarta ini memliki kemampuan dalam bidang seni yaitu melukis. Berbagai karyanya sudah dikenal luas, tidak hanya oleh masyarakat lokal tetapi juga orang-orang yang berasal dari luar Manggarai.

Potensi inilah yang kemudian memperkuat keinginannya untuk berwirausaha.  Ide mendirikan kafe ini pun dikolaborasikan dengan sebuah galeri seni yang bernama lontart gallery. Sebuah galeri yang memajang berbagai lukisan menarik dari Mart Sakeus sendiri dan beberapa orang lainnya. 

Lontar Cafe

Kafe ini menawarkan konsep kekinian. Dengan desain interior yang artistik kafe yang berada di kampung Nggorang ini menjadi sangat instagramable, cocok untuk selfie atau swafoto. Ditambah lagi dengan pajangan beragam lukisan-lukisan menarik karya Mart Sakeus dan beberapa orang lainnya seakan menambah nilai seni dari kafe ini.

Sehingga kafe ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang sedang bingung untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat ketika sedang berada di Labuan Bajo.  

Oleh : Andry Rahmat

Artikel Terkait