Travel

Yuk Intip Ritual Pernikahan Khas Kupang Hingga Wisatanya

Jum'at, 18/10/2019 14:14 WIB

Wisata di NTT sambil melihat budaya khas Kupang (Foto : Instagram)

Kupang, Tajukflores.com - Berbicara tentang Nusa Tenggara Timur tentu tidak akan habis dalam sebuah cerita. Ada banyak hal menarik di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bisa dieksplor wisatawan.

Terutama di Kupang. Tak hanya memiliki destinasi eksotis. Ternyata Kupang memiliki beragam tradisi dan kebudayaan yang unik loh?.

Tak hanya mencakup kehidupan bermasyarakat, ritual adat pun jamak ditemukan menjelang perhelatan khusus seperti pernikahan.

Sebagaimana diberitakan iNews.id, Masyarakat Kupang memiliki serangkaian ritual adat dan religius untuk para calon pengantin.

Tak kalah uniknya dari tradisi khas Jawa, ritual adat menjelang pernikahan ala masyarakat Nusa Tenggara Timur ini pun sarat akan nilai-nilai filosofis. Kira-kira, apa saja, ritual pernikahan adat yang masih dipraktikkan masyarakat NTT?

Berikut ulasan rangkumannya yang dikutip Jumat (18/10/2019).

Hel Keta

Kain Tais (Foto : @adelia_manek).

Warga NTT yang hendak melangsungkan pernikahan kerap diwajibkan melakukan tradisi Hel Keta. Ritual diperuntukkan bagi calon pengantin yang berasal dari marga, suku, atau daerah berbeda.

Saat ritual Hel Keta, calon pengantin dan keluarga diharuskan mengenakan pakaian adat, kain beti untuk pria dan kain tais untuk perempuan.

Biasanya, Hel Keta diadakan menjelang malam adat penyerahan mahar atau yang dikenal dengan nama Belis bagi masyarakat Timor.

Bisa dibilang, Hel Keta merupakan acara lamaran resmi yang mempertemukan calon pengantin dengan kedua pihak keluarga.

Uniknya, Hel Keta tidak diadakan di rumah salah satu calon mempelai, melainkan di pertengahan jalan antara daerah tempat tinggal calon mempelai pria dan wanita.

Untuk melengkapi acara, keluarga calon mempelai pria akan menyembelih ayam atau babi yang nantinya diserahkan pada pihak calon mempelai wanita untuk diolah menjadi masakan yang disantap bersama-sama.

Belis

radisi Belis (Foto : kanisiusdeki.blogspot.com).

Usai melakukan ritual Hel Keta, saatnya calon pengantin menjalankan tradisi Belis. Sederhananya, Belis merupakan upacara penyerahan mahar dari pihak laki-laki.

Calon pengantin wanita diberikan kebebasan dalam menentukan besarnya mahar. Tak jarang pihak wanita menetapkan mahar berharga fantastis. Hal tersebut dibenarkan dalam adat masyarakat NTT sebab perempuan memiliki kedudukan lebih tinggi karena dianggap sebagai penerus garis keturunan.

Barang yang digunakan sebagai mahar atau Belis pun berbeda-beda di setiap daerahnya. Di Maumere, misalnya, pihak wanita mengharuskan pengantin pria memberikan gading gajah sebagai mahar.

Namun, umumnya, masyarakat NTT memilih hewan ternak seperti kuda atau sapi, serta perhiasan sebagai mahar.

Penyerahan mahar atau mamoli menandakan bahwa pihak wanita telah resmi diterima oleh keluarga laki-laki. Karena jumlahnya besar, biasanya pihak laki-laki memberikan Belis dengan cara dicicil.

Tak jarang pula para keluarga di NTT menyelenggarakan arisan untuk meringankan biaya pembelian mahar. Ritual adat yang dilakukan masyarakat NTT menjelang hari pernikahan tersebut memiliki makna filosofis mendalam.

Biasanya, para keluarga yang menyelenggarakan hajat memberikan perhiasan yang diwariskan secara turun-temurun yang tentu saja memiliki kisah dan nilai yang unik.

Di kehidupan modern seperti saat inipun, masyarakat Kupang dan sekitarnya masih setia mempraktikkan beragam ritual adat yang berutujuan mempererat persaudaraan sekaligus mengenalkan tradisi pada generasi muda.

Bagaimana, tertarik menyelami kebudayaan khas Nusa Tenggara Timur yang unik? Anda dapat datang pada musim festival atau akhir tahun untuk merayakan pergantian tahun.

Biasanya, pemerintah setempat menggelar berbagai kegiatan menarik yang penuh dengan unsur tradisi dan budaya untuk menyemarakkan suasana liburan.

Sebelum melancong, persiapkan rencana liburan Anda dengan matang. Cari tahu harga tiket pesawat online yang tersedia di berbagai situs booking tiket. Anda dapat memilih tiket citilink atau maskapai lain yang menawarkan rute menuju Kupang.

Kunjungi Airy untuk melihat harga tiket pesawat terkini ke berbagai destinasi di seluruh Indonesia. Anda pun dapat memesan tiket pesawat dengan harga yang akurat dan penawaran menarik yang bikin bujet traveling jadi makin hemat.

Jika menemukan kendala dalam perjalanan, jangan ragu menghubungi petugas layanan konsumen untuk melakukan reschedule ataupun refund.

Prosedurnya sederhana, prosesnya pun cepat. Jadi, tak perlu ragu memilih Airy sebagai teman perjalanan Anda. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan alam dan budaya di Kupang?

Oleh : Ryan Pratama

Artikel Terkait