Lempar Isu China Bela Patung Bambu, Anies Baswedan Seorang Rasisme?

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Satu di antara kemampuan Anies Baswedan yang menonjol adalah eksploitasinya pada isu-isu rasial untuk kepentingan politik. Pidato pertamanya setelah dilantik menyebut kata pribumi. Secara keseluruhan pidato itu gak salah. Hanya saja orang tahu, sejarah naiknya Anies ke kursi Gubernur salah satunya dengan mempertentangkan makna kata pribumi dengan warga keturunan. Lawan Anies saat itu adalah Basuki Tjahaja Purnama, seorang politikus berdarah Tionghoa.

Maka orang menebak arah penggunaan kata pribumi dalam pidato Anies. Seperti mengingatkan orang pada istilah pribumi dan non-pribumi. Biasanya warga keturunan Tionghoalah yang dituding sebagai nonpribumi. Sedangkan Anies, lelaki berdarah Arab, tidak dikategorikan nonpribumi.

Kini, ia membawa lagi isu soal China. Awalnya adalah ejekan publik ketika Pemda DKI membongkar patung bambu seharga Rp550 juta di Jalan Thamrin. Patung itu adalah inisiasi Anies Baswedan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sejak awal memang sudah menjadi tertawaan warga. Selain bentuknya mirip dua makhluk sedang berpelukan mesra (agak seronok), juga karena letaknya tepat di tengah kota yang agak aneh. Patung Bambu itu berdiri di antara gedung megah dan air mancur Hotel Indonesia.

Baca Juga:  Sejarah salib dan Banyak Artinya Selama Berabad-abad

Keberadaanya seperti `anak pungut` di antara belantara beton. Dan kita tahu, yang namanya bambu dipajang di ruang terbuka, pasti cepat lapuk.

Belum setahun patung itu berdiri, kondisinya sudah gak enak dipandang mata. Maka Dinas Kehutanan Pemda DKI merubuhkannya. Patung seharga Rp 550 juta itu kini tinggal sampah bambu saja.

Warga tertawa. Warga meringis karena uang sebesar itu hanya untuk ornamen yang usianya gak lebih dari setahun. Wajar. Wong dibuat dari bambu.

Tapi bukan Anies kalau tidak bisa bergoyang lidah. Ia membela diri. Celakanya pembelaannya malah menarik-narik isu yang sama sekali gak relevan.

“Kalau saya memilih besi, maka itu impor dari Tiongkok mungkin besinya. Uangnya justru tidak ke rakyat kecil. Tapi kalau ini, justru Rp 550 juta itu diterima siapa? Petani bambu, perajin bambu,” kata Anies.

Baca Juga:  Geliat PSK di Jakarta, Mereka yang Bertahan di Tengah Ancaman Pandemi

Entahlah. Setiap tindakan Anies melulu nuansanya sangat politis. Mungkin dengan begitu ia ingin mengikat pendukungnya tetap dalam persepsi pertentangan pribumi dan nonpribumi. Bambu lokal versus besi China.

Seolah ia ingin mempertentangkan isu soal Tiongkok dalam perdebatan mubazirnya patung bambu. Padahal kalau bicara produksi besi, Indonesia juga punya Krakatau Steel. Gak mesti impor dari luar. Apalagi dia menyebut spesifik impor dari Tiongkok.

Dengan membawa isu impor dari Tiongkok, ia seperti masuk dalam kubangan lain. Anies hendak memgipas isu `Indonesia dikuasai Tiongkok` dalam pembelaannya. Ia menggeser isu mubazirnya patung bambu, lalu membenturkan dengan isu baru yang sama sekali gak ada hubungannya. Buat apa ia membawa-bawa kalimat `besi impor dari Tiongkok?`

Lalu membenturkannya dengan ekonomi rakyat? Bahwa bambu adalah hasil keringat rakyat. Makanya dia memilih. Ketimbang memilih besi yang impor dari Tiongkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Digdaya PT Flobamor Kendalikan Pariwisata Taman Nasional Komodo: Tarif Naik, Kualitas Pelayanan Buruk!
Kurikulum Merdeka, Nasib Guru Bahasa Jerman di Ujung Tanduk
Menguak Aliran Dana Philip Morris, Pemegang Saham PT HM Sampoerna Tbk ke Israel
Menakar Kans Koalisi Pengusung Anies Baswedan Bubar Kala Demokrat-PDIP Tampil Mesra
Kontroversi dalam Karier Sutradara Film Porno Kelas Bintang, Dari Sinetron ke Film Dewasa
Romo AS: Kasus Pastor Bunuh Diri dan Dugaan Salah Urus Gereja
Ridwan Kamil, Misi Partai Golkar Rebut Jawa Barat dari Gerindra dan PDIP
Menjadi Konten Kreator Tiktok, Rela Alih Profesi demi Fulus
Berita ini 101 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 21:32 WIB

Apa yang Perlu Diketahui Tentang Orgasme selama Kehamilan!

Rabu, 8 Mei 2024 - 11:55 WIB

Kebiasaan Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Batu Ginjal, Kata Dokter Spesialis

Senin, 6 Mei 2024 - 15:53 WIB

Peringatan Keras Jokowi soal Alkes dan Ketiadaan Dokter Spesialis

Senin, 6 Mei 2024 - 08:23 WIB

Harga Emas Perhiasan Hari Ini 6 Mei 2024 Semar Nusantara, 1 Gram Hanya Rp400 Ribuan

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:47 WIB

Pakai Kaos Bermerek dan Jam Tangan Ratusan Juta, Penampilan Wakil Rektor Unsoed Jadi Sorotan

Selasa, 30 April 2024 - 21:23 WIB

Tes Kepribadian untuk Ketahui Seberapa Egois Anda

Selasa, 30 April 2024 - 12:40 WIB

ZAP Clinic Hadirkan Deteksi Kulit Berbasis AI, Bantu Rekomendasikan Perawatan Terpersonalisasi

Selasa, 30 April 2024 - 09:30 WIB

Hindari Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Jamur Kulit!

Berita Terbaru

Beberapa wanita hamil bahkan bisa mencapai orgasme pertama mereka atau bahkan mengalami orgasme multiple untuk pertama kalinya. Foto: iStock

Gaya Hidup

Apa yang Perlu Diketahui Tentang Orgasme selama Kehamilan!

Jumat, 10 Mei 2024 - 21:32 WIB